logo

logo
tumbuh subur tumbuh subur tunas-tunas pergerakan

Minggu, 23 Oktober 2011

kita perlu konsolidasi, koordinasi dan komunikasi

Ikatan Alumni Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia merupakan organisasi cendekia yang dalam kiprah perjuangannya senantiasa memberikan andil yang proporsional dan profesional dalam kancah kehidupan berbangsa, bernegara  dan beragama.

Sepak terjang pergerakan ini meliputi semua aspek kehidupan itu sendiri. Sebagai wadah para alumni pergerakan, IKA PMII berkepentingan untuk merekrut, mendata, mengarahkan dan selanjutnya diharapkan perlu ada hasil kongkrit yakni berupa pilar Komunikasi, Koordinasi, dan Konsolidasi.

Tiga pilar ini perlu mendapatkan perhatian khusus guna mendapatkan satu networking organisasi dan manajerial program kerja yang professional, proporsional dan efektif. Inilah titik sentral visi   perjuangan guna mendorong dan mendukung alumni untuk mewujudkan kesejahteraan individu, sebagai pribadi  dan kesejahteraan organisasi, sebagai komitmen komunal.

Indonesia sebagai rumah kiprah pergerakan, senantiasa perlu mendapatkan porsi perhatian dan pemikiran alumni, guna didapatinya Indonesia yang makmur dalam kehidupan dan yang hidup dalam kemakmuran. Indonesia adalah lubuk hati perjuangan yang mesti sehat dan tahan uji dalam memperjuangkan cita-cita dan kehormatan yang kongkrit.

Islam sebagai ruh yang mewarnai pergerakan dan perjuangan, IKA-PMII sangat berkepentingan untuk terus menjalin silaturahiem dan kerjasama dalam berbagai bidang profesi dalam kehidupan anggotanya, seiring dengan tuntutan bangsa, Negara dan agama pada zamannya secara berimbang dan berkeadilan.

Persambungan silaturrahiem sebagai perwujudan human relationship yang dituntun olerh Rasulullah Salallahu ‘alaihi salam, kemudian ingin dikembangkan dan digali hikmah dan kontekstualitasnya, maka IKA-PMII sangat berkepentingan untuk menyelenggarakan kegiatan baik yang bernama Halal Bi Halal, konsolidasi program kerja, organisasi, maupun kebijakan.

Dari kegiatan ini, IKA-PMII diharapkan mampu menghadirkan aspirasi, kreasi dan partisipasi alumni sehingga secara kebersamaan mampu merumuskan program kerja yang kongkrit untuk bisa diejawantahkan dalam tuntutan kehidupan sehari-hari baik secara personal alumni maupun secara organisasi.

Ajang silaturahiem dan koordinasi ini, baik secara persuasif maupun secara dogmatis, sangat diharapkan untuk bisa memberikan side effect yang positif dan feed back yang jelas dan efektif bagi organisasi. Disamping itu forum ini merupakan khasanah bagi alumni untuk mengembangkan sayap-sayap kesibukannya dan menularkan ide-idenya yang aspiratif bagi IKA-PMII, dan tentu saja forum ini juga merupakan ajang bagi alumni untuk mendapatkan sisi lain dari sebuah romantika berorganisasi.

Side effect ini yang boleh jadi merupakan pil bagi kepenatan yang selama ini menggelayuti ketika kita harus berkarya dalam menjalankan pekerjaan rutinnya baik secara kedinasan maupun secara non kedinasan. Ghirah perjuangan memang terus memerlukan revitalisasi dan rekonstruksi yang simple, sesimpel nilai silaturahiem itu sendiri. Apapun kegiatannya, sepertinya kita perlu memfasilitasi temu kangen itu agar bisa menggelinding secara alami dan pasti bagi penemuan kembali pembaruan ide dan kesegaran cara pandang, yang boleh jadi wise bagi semua.

Inilah barangkali yang disebut sebagai gerbang utma dari sebuah kepastian. Kepastian sebagai organisasi bagi penemuan kembali fitrah warga pergerakan yang ‘seyogyanya’ menjadi perekat tali asih dari sebuah nilai lebih (an added value) yang memang harus ada dan perlu. Dan adanya adalah karena fitrah itu sendiri. 

Finally,  siapa pun alumni  pmii itu, sangat perlu dan membutuhkan konsolidasi, koordinasi, dan komunikasi. Adakah yang tahu rumus jitu untuk mewujudkan itu semua. Sederhana memang, akan tetapi, sepertinya kita perlu lagi butuh ruang untuk lebih suggestible untuk ketemu bukan sekedar kangen-kangenan, ataupun kongkow-kongkow semata. 

Akan tetapi pertemuan yang mampu mengelola kesibukan, aktivitas, ide, dan bahkan bisa membuat nuansa lain dari sebuah pergerakan lebih dari sekedar rutinitas keseharian. 

Salam pergerakan,
pastikan tetap Tangan Terkepal dan Maju Ke Muka !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar